Minggu, September 01, 2013

Article - Cusrom SG Ace

 

    Jika anda adalah salah satu pengguna keluarga lama Android, yaitu Samsung Galaxy Ace S5830, maka artikel ini di tujukan untuk anda semua. Saya ingin membagi cusrom apa saja yang pernah saya gunakan dan bagaimana keunggulan atau kelemahannya (bugs), diantaranya ada Ios v5, BlackHawk 2.3.6 dan SGS III/IV JB ROM V12-Beta. Sebenarnya banyak cusrom-cusrom lain yang bisa kita dapatkan di forum-xda khusus Galaxy Ace, namun hanya 3 cusrom ini yang sempat saya coba dan mengetahui hasilnya. Jika anda tertarik dan ingin menggunakan salah satunya, pastikan GalAce anda sudah di root dan telah terinstall Clockworkmod (CWM) sesuai ketentuan serta sudah memiliki 2 partisi yang di bagi dengan tools Mini Partition Wizard melalui pc (semua ada di google).

Warning!: KEEP DWYOR ==> Do With Your Own Risk!


1. IOS v5 (Score 7/10)

     Cusrom ini didasarkan pada CyanogenMod 7.2 (Android 2.3.7). Tampilan sangat baik, hampir 90% mirip dengan IOS pada gadget Iphone. Rom yang cepat dan halus untuk di gunakan. Namun jangan kaget sesaat setelah menginstal ROM ini, anda akan mendapati bahasa chinese sebagai bahasa default nya. Anda dapat mengganti nya di setting. Namun bugs di Cusrom ini juga ada, yaitu tidak memiliki file manager (Root Explorer, Astro, ES dll) bawaan. Jadi anda harus mendownload nya dengan menggunakan browser. Kelemahan lainnya adalah cameranya tidak bisa melakukan zoom seperti camera pada umumnya dan tidak dapat melakukan thetering baik dengan wireless maupun usb. Jadi cukup banyak bugs yang saya dapati, sehingga saya tidak berlama lama menggunakan rom ini.



2. Gingerbread BlackHawk (8/10)
    
     
     Blackhawk. Dari nama nya saja sudah keren, dan istimewanya lagi cusrom ini hasil dari jerih payah seorang Ketut Kumajaya. Menurut saya Cusrom ini sudah cukup stabil dan banyak penggunanya. Cukup susah untuk mencari link penjelasan cusrom ini, tapi kalau tidak salah, cusrom ini adalah hasil dari stock rom (original firmware) dengan sedikit tambahan modifikasi, ditambah Kernel OC (Over Clock dan beberapa tool (Tweaks, ext4, No-frills CPU Control) dan aplikasi (Go Launcher, BLN-control). Beberapa keunggulan lain adalah ukuran file nya hanya 75.10 mb, Swype Keyboard, touchscreen nya lebih sensitif dan masih banyak yang lain.



3. SGS III/IV JB V12-BETA (9/10)


    
     
         Dari sisi stabilitas, mungkin ini adalah cusrom terbaik galaxy ace. Rom ini adalah stock rom dari android 2.3.6, jadi hanya interface nya saja yang berubah, bukan rom secara keseluruhan. Cusrom ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan SGS III dan bahkan SGS IV. Mulai dari homescreen, icon, statusbar, sounds hingga wallpapers Namun sejujurnya, saya belum mencoba rom ini, yang saat ini saya gunakan adalah cusrom SGSII V11.2 (sudah lebih 6 bulan). Tapi jangan khawatir, menurut komentar-komentar di forum-xda, mereka puas dengan apa yang ada di cusrom ini, terutama daya tahan battery dan interface nya yang mirip dengan SGS III/IV. Mereka hanya mengeluh kan kurang supportnya bahasa yang berasal dari negara mereka seperti Polandia, Mexico, Kroasia dll. FYI saya akan menggunakan cusrom ini segera!


         Ketiga Custom Rom diatas dapat anda dapatkan di : 

         Sebelum menginstall salah satunya, pastikan Ace anda sudah rooted lalu di partisi dan jangan lupa sudah terinstall cwm. Ikuti petunjuk yang ada di thread tersebut demi kenyamanan anda. Keep Success and DWYOR! 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free to comment here