Jumat, Maret 07, 2014

5 Fakta Unik tentang Bluetooth

                                                  


Siapa yang tidak tau apa itu bluetooth? bukan, bukan gigi baru anda salah. Bluetooth merupakan suatu teknologi jaringan yang mampu menghubungkan suatu perangkat ke perangkat lainnya untuk saling bertukar file file ringan seperti mp3, doc, txt, 3gp, ataupun .pic. Dengan adanya bluetooth, proses transfer-mentransfer file akan lebih mudah. Umumnya teknologi bluetooth ada pada gadget, laptop atau pc nya menggunakan perangkat tambahan. Namun tahukah anda, beberapa fakta unik tentang bluetooth yang jarang di ketahui? check this out people.




1.  Penamaan Bluetooth diambil dari salah seorang raja Denmark di akhir abad sepuluh yang bernama King Harald Blatand (Denmark). Di Inggris, beliau dijuluki dengan nama Harald Bluetooth, dan pelafalan nama Blatand tersebut di Inggris dibaca dengan Bluetooth atau lengkapnya King Harold Bluetooth (Inggris). 


2.   Mengapa di namakan dan mengambil nama Bluetooth? Filosofinya adalah karena Beliau adalah salah seorang Raja Denmark yang mampu mempersatukan Denmark dengan sebahagian dari Norwegia dan Swedia sehingga menjadi satu kerajaan. Untuk itulah nama Bluetooth dipakai sebagai nama teknologi wireless yang mempersatukan peralatan-peralatan elektronik yang akan berkomunikasi dalam satu jaringan ini. Karena Teknologi Bluetooth ini mampu mengirimkan baik data maupun suara. 

3. Teknologi Bluetooth pertama diterapkan oleh Ericsson pada tahun 1994. Perusahaan yang berbasis di Swedia tersebut mengadakan penelitian untuk mengetahui keuntungan menggunakan teknologi Bluetooth. Selanjutnya, bersama Intel, IBM, Toshiba serta Nokia, Ericsson menghimpun Special Interest Group (SIG) pada tahun 1998 dan selanjutnya mengeluarkan spesifikasi Bluetooth pertama kali di dunia pada tahun 1999. 


4. Bluetooth merupakan salah satu sinyal radio. Sebagai sinyal radio, ternyata Bluetooth tidak cocok digunakan untuk sarana berkomunikasi. Hal ini terungkap setelah Andretti Racing Team menggunakannya. Dan, karena mengandung gelombang radio microwave, penggunaan Bluetooth dikatakan dapat menimbulkan permasalahan kesehatan.


5. Bluetooth memiliki range yang cukup luas. Sebuah perangkat Bluetooth, mampu bekerja dalam jarak 10 meter. Bahkan dalam perkembangan terbaru, Bluetooth mampu bekerja dalam jarak 100 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel Free to comment here